twitter
rss

SEMARANG, KOMPAS.com-Tanggung jawab pemberi beasiswa tidak sebatas hanya memberi bantuan finansial, tetapi juga harus mampu memberi nilai lebih pada mahasiswa yang menerima beasiswa.
Memberikan pelatihan tambahan sebagai pendamping studi misalnya, khususnya soft skills yang dirasakan bermanfaat saat si penerima beasiswa lulus dan harus terjun ke masyarakat.

Demikian diungkapkan Direktur Humas PT Djarum Suwarno M Serad di ajang Silaturahmi Nasional (Silatnas) Beswan Djarum 2010 di Semarang, Selasa (9/11/2010).

Menurutnya, memberikan beasiswa harus dilengkapi dengan upaya lain agar penerima beasiswa tidak cukup hanya mengandalkan kemampuan akademisnya, melainkan juga soft skills sebagai bekal hidup yang bisa menunjang seusai menempuh studi di perguruan tinggi.

"Untuk itu kami berupaya memberikan pelatihan soft skills sebagai pembentukan karakter mereka sebagai mahasiswa, entah nanti menjadi wirausaha atau dunia kerja, kelak mereka sudah siap," ujar Suwarno kepada Kompas.com menjelang jumpa pers Silatnas tersebut.

Tahun ini, 450 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia menerima beasiswa dari PT Djarum melalui program Beswan Djarum Plus tahun akademik 2010/2011. Para penerima beasiswa Djarum atau dikenal dengan Beswan Djarum tersebut berasal dari 2.808 pelamar dari 73 perguruan tinggi di Indonesia yang lolos seleksi.

"Seperti biasanya pada setiap tahun, para Beswan itu akan mengikuti pelatihan yang meliputi tiga aspek pendidikan soft skills yaitu outbound, leadership dan practical skills, serta entrepreneurship," papar Suwarno.

Adapun acara Silatnas 2010 merupakan inagurasi yang diadakan setiap tahun untuk memperkenalkan program Djarum Beswan Plus kepada para Beswan Djarum tahun ajaran baru.

Acara diisi antara lain dengan talk show bertema Digital Media dan Perkembangannya, serta Wawasan Kebangsaan yang menghadirkan Oei Wirianto dari Kaskus, Arifin Bong dari Redbuzz, serta Emha Ainun Najib sebagai pembicara.

0 komentar:

Posting Komentar